Senin, 29 September 2014

Arti Seorang Ibu

21 tahun. Ya, selama itulah aku berdosa. Berdosa yang sangat besar terhadap Ibu, yang biasa aku sebut Mama. Mama adalah wanita paling hebat yang pernah aku kenal di dunia ini. Mama adalah seorang wanita hebat yang telah melahirkanku, mendidikku, dan membesarkanku hingga detik ini. Mama juga yang mengorbankan egonya untuk menjadi seorang wanita karir demi menjaga aku hingga detik ini. Namun aku? Aku terlalu lama untuk menyadari arti penting seorang Ibu. Ya, aku terlalu sering melupakan bahwa Mama adalah seorang Ibu, Ibu yang mempunyai banyak arti, bahkan mungkin tidak terhingga untuk anaknya.

Waktu aku berumur 1 tahun....
Mungkin aku nggak bisa inget kenakalan apa yang udah aku perbuat di tahun pertama aku ada di dunia ini. Yang aku tau, sampe mama hamil aku, mama masih kerja sebagai seorang perawat di salah satu rumah sakit bersalin di Semarang. Ya, mama juga merupakan salah satu pegawai teladan yang jadi kesayangan banyak pasien. Tapi, semenjak aku lahir, mama lebih milih buat resign. Ya, begitu sayangnya mama sama aku, ia ingin meluangkan waktunya, 24 jam hanya demi mengurus aku. Tidak seperti ketika ia harus membagi waktu antara bekerja dan mengurus kakak. Namun aku? Aku masih saja menyakiti mama dengan tangisan ku akibat lemahnya kondisi tubuhku di satu tahun pertamaku di dunia ini. Ya, mama cerita aku sering banget sakit. Bahkan pernah ada dokter yang ngevonis aku bakal jadi anak dengan keterbelakangan mental. Mama cuma bisa nangis, berharap apa yang dokter bilang itu nggak bener. Dan ternyata, Tuhan itu baik, aku bisa ngelewatin masa - masa kritis aku dan hidup normal layaknya anak berumur 1 tahun.

Waktu aku merengek ingin sekolah...
Ya, aku masih inget banget, waktu aku masih berumur kira - kira 3 tahun, aku udah pengen banget bisa sekolah. Dari mulai sok - sok an main guru - guru an sama temen sekompleks, sampe sok jadi model iklan tas ransel. Ya, waktu itu mama sabar banget ngasi aku pengertian kalo aku belum cukup umur buat sekolah, aku masih harus sabar lagi buat bisa masuk sekolah, seenggaknya sampe umur aku 5tahun.

Waktu aku mulai sekolah..
Aku yang lahir sebagai anak bungsu waktu itu bener - bener dimanja, semua yang aku pengen selalu diturutin. Sampe akhirnya mama hamil adikku. Bukan, aku bukannya iri bakal dapet saingan baru. Cuma, karna sifat manja aku yang berlebihan, aku masih terus mau dimanja - manja sama mama yang dalam posisi hamil calon adik, ya kalo nggak minta digendong, ya minta dipangku. Alhasil, mama gagal ngelahirin 2 calon adikku. Tapi, mama nggak pernah marahin aku. Mama dengan sabar ngajarin aku dan ngejelasin, kalo aku udah mau jadi kakak, aku nggak boleh manja - manja lagi. Dan akhirnya setelah 7 tahun jadi anak bungsu, aku akhirnya dapet adik perempuan yang lucu di umurku yang ketujuh.

Waktu aku mulai remaja..
Begitu sabarnya mama ngadepin tiga orang anak perempuannya, terutama aku. Ya, masa puber menjadikan aku sosok yang sangat keras dan penuh emosi. Bahkan pernah juga aku memarahi mama dan membentaknya hanya karna aku nggak boleh maen sama temen - temen. Aku yang masih labil waktu itu merasa jenuh selalu dalam kurungan mama dan predikat "anak rumahan". Sampe akhirnya untuk pertama kalinya aku lihat mama nangis, nggak marah, cuma natap aku tajam dan pergi gitu aja ke kamarnya. Ya, aku berdosa. Dosa besar karna nggak ngebales semua cinta kasihnya dengan hal yang setimpal. Beruntung, aku juga punya seorang Papa yang luar biasa sabarnya. Papa yang ngajarin aku, aku nggak seharusnya bersikap kasar dan galak sama orang yang udah ngelahirin aku bahkan rela ngorbanin nyawaku buat aku. Dan disitu lah titik balik aku sadar, aku berdosa. Dosa besar. Semenjak itu aku berjanji buat lebih merhatiin mama, lebih sayang mama, dan bakal ngorbanin semuanya demi mama, buat nebus dosaku. Ya, aku tau, dosa emang nggak bakal bisa dihilangin, tapi setidaknya aku sudah berusaha buat nutup dosa - dosaku dengan sikap tobatku.

Waktu aku mulai dewasa,,,
Ya, semnjak peristiwa itu, aku udah nggak pernah peduli lagi sama ejekan temen - temen. Bahkan prinsipku adalah lebih baik aku nggak punya temen, daripada harus nggak punya mama. Ya, mama adalah segalanya bagiku di dunia ini. Mama adalah teman, sahabat, dan segalanya. Kalo bukan karna kesabaran dan pengorbanan mama, aku nggak mungkin ada di dunia ini. Tapi sayangnya, aku harus hidup mandiri setelah kuliah. Berat, berat banget. Mungkin karna mama yang sabar ngadepin permintaan aku buat makan ini itu. dan setelah nge kost, aku harus makan makanan yang itu - itu aja, makanan yang nggak dijual di sekitar kampus karna emang cuma mama  yang bisa masakin. Atau mungkin kehilangan temen maen, karna sampe sebelum aku ngekost, yang maen sama aku setiap aku bosen ya cuma mama. Ya, aku adalah anak culun, anak rumahan, dengan orang tua yang ngebesarin anaknya dengan over protective. Sempet sedih, sempet juga nyalahin mama papa dengan anggapan "Ah, kalo aja dulu aku dibebasin bergaul, maen sama mereka, gak cuma maen sama mama papa, pasti aku nggak bakal kesepian kayak gini". Ya, itu dulu, waktu aku pertama kali dilepas ke dunia luar. Berasa jadi anak ayam yang biasanya hidup di kandang ayam tapi tau - tau dikeluarin gitu aja dari kandang. Banyak banget pelajaran yang akhirnya ngedewasain aku secara nggak langsung. Ya, salah satunya adalah ketika aku akhirnya bisa secara mandiri nyelesein masalahku, tanpa harus curhat atau ngebebanin mama dengan hal yang nggak penting.




Ya, mama adalah segalanya dalam hidupku. Bukan hanya aku, aku percaya semua anak di dunia ini pasti bangga dengan wanita cantik yang udah ngorbanin seluruh jiwa raganya hanya untuk melahirkan, mendidik, dan membesarkan anaknya. Dan buat kamu, yang ngebaca tulisan ini tapi masih ngerasa wanita yang udah ngelahirin kamu nggak sehebat yang aku bilang, percayalah, ia adalah yang terbaik yang pernah ada dalam hidupmu. Ya, aku tau, mungkin nggak semua orang beruntung mempunyai ibu yang mampu menunjukkan rasa sayangnya secara langsung kayak mama aku, tapi seburuk apapun cara seorang ibu menunjukkan kasih sayangnya, yang pasti Ibu melakukannya hanya untuk yang terbaik bagi seorang anaknya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar